7 Keajaiban Dunia Modern

Keajaiban dunia modern 

7 keajaiban dunia modern


Keajaiban dunia biasanya merujuk ke keajaiban dunia kuno. Teteapi dalam menentukan keajaiban dunia masi merupakan pertentangan oleh beberapa pihak. Tetapi ada 6 bagian keajaiban dunia antara lain: Keajaiban dunia kuno, keajaiban dunia pertengahan, kejadian dunia alami, kejadian dunia bawah air, kejadian dunia modern, dan kejadian dunia baru.
Pada bacaan ini anakan menjelaskan 7 keajaiban dunia modern

1.    Terowongan Channel

Terowongan Channel merupakan salah satu keajaiban dunia modern yang menghubungkan antara Inggris dan Prancis. Terowongan ini adalah terowongan bawah air yang dibangun dengan dana sekitar 15 milyar dolla AS dengan panjang keseluruhan 50,45 km dan 39 km diantaranya berada dibawah air. Terowongan ini dibangun pada tahun 1987 dan selesai di tahun 1994.

2.    Menara CN

Menara CN adalah menara ke-3 tertinggi di dunia. Kata CN berasal dari Canidian National Railway. Menara CN memiliki tinggi 553.33 meter. Menara ini terletak di kota Toronto, Ontario, Kanada, dan dianggap sebagai ikon kota tersebut. Menara CN dikunjungi oleh lebih dari dua juta orang setiap tahunnya. Menara ini mulai dibangun tahun 1973.

3.    Empire State Building

Empire State Building adalah sebuah pencakar langit berlantai 102 yang terletak di Midtown Manhattan, New York City, di persimpangan Fifth Avenue dan West 34th Street. Gedung ini memiliki tinggi puncak 381 meter. Jika menggabungkan menara antenanya, tinggi gedung ini mencapai 443,2 m. Empire State Building sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 40 tahun, sejak selesai dibangun tahun 1931 sampai rampungnya Menara Utara World Trade Center pada tahun 1972. Pasca-serangan 11 September tahun 2001, Empire State Building kembali menjadi bangunan tertinggi di New York (bukan di Amerika Serikat atau dunia). Empire State Building lagi-lagi menjadi bangunan tertinggi kedua di New York pada tanggal 30 April 2012 setelah One World Trade Center yang baru mengalahkan tingginya. Empire State Building saat ini merupakan pencakar langit rampung tertinggi ketiga di Amerika Serikat (setelah Menara Willis dan Trump International Hotel and Tower di Chicago) dan tertinggi ke-22 di dunia. Gedung ini juga merupakan struktur berdiri bebas tertinggi keempat di Amerika.

4.    Jembatan Golden Gate

Jembatan Golden Gate ini menghubungkan kota San Francisco, California. Jembatan ini dibangun selama empat tahun dan saat selesai pada 1937 panjang keseluruhan mencapai 1.280 meter dan menjadikannya sebagai jembatan suspensi terpanjang di dunia. Sejak resmi digunakan publik pada Mei 1937, hampir dua miliar kendaraan melintasi jembatan ini baik dari sisi selatan atau utara
Sejak diresmikan dan dibuka pertama kali pada 1937, Golden Gate Bridge telah kehilangan bobotnya hingga 7.500 ton. Diperkirakan sekitar 5.000-10.000 galon cat dihabiskan untuk mewarnai kembali Golden Gate setiap tahunnya demi mempertahankan kemegahan jembatan tersebut khususnya di malam hari.

5.    Itaipu Dam

Itaipu Dam adalah sebuah bendungan pembangkit tenaga listrik di Sungai ParanĂ¡ terletak di perbatasan antara Brazil dan Paraguay. Bendungan Itaipu menawarkan pemandangan spektakuler dan kesempatan untuk melihat keunggulan teknik yang inovatif. Terbentang membelah Sungai ParanĂ¡ yang mengalir di antara Brasil dan Paraguay, struktur sepanjang 8 kilometer dan setinggi 200 meter ini merupakan pembangkit listrik hidroelektrik terbesar kedua di dunia.

6.    Proyek Delta/Proyek Zuiderzee

Delta plan adalah suatu perencanaan untuk menyelamatkan bagian barat Belanda dari ancaman air pasang. Proyek raksasa ini dimulai dengan menutup Laut Zuiderzee dengan tanggul sepanjang 30 km. Penutupan laut tersebut merupakan proyek terbesar yang pernah dilakukan di bidang pengeringan laut yang digunakan sebagai tanah pertanian dan peternakan dengan biaya 3000 juta gulden. Cara yang digunakan untuk membendung laut adalah dengan memakai kotak-kotak raksasa dari besi beton yang diturunkan ke dalam air laut.

7.    Terusan Panama (Panama)

Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul pada tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.

0 Response to "7 Keajaiban Dunia Modern"

Post a Comment