Penggunaan Fungsi IF Lengkap Dengan Contohnya

fungsi if

Fungsi IF

Siapa yang tidak mengenal fungsi IF pada excel, Fungsi IF pada excel merupakan salah satu fungsi excel yang sering digunakan dan sangat bermanfaat dalam pengelolaan data. Pada intinya Fungsi IF pada excel berguna untuk membuat perbandingan logis dengan kreteria yang kita tetapkan.
=IF(Sesuatu adalah Benar; lakukanlah sesuatu; jika tidak lakukanlah hal lain)

contoh kasus
fungsi if

Contoh fungsi if

Tabel diatas dapat diselesaikan dengan dengan menggunakan fungsi IF untuk mempermudah pengelolahan data. Melihat data diatas kita akan menyelesaikannya dengan fungsi IF tunggal dan Fungsi IF bertingkat. Fungsi IF tunggal yang saya maksud adalah fungsi if yang hanya sekali menggunakan fungsi IF nya karena logika yang ditarik hanya 2, sedangkan Fungsi IF bertingkat merupakan fungsi IF yang digunakan beberapa kali karena logika yang ingin ditampilkan lebih dari 2.

Mari kita coba menyelesaikan tabel diatas dengan menggunakan fungsi IF. Untuk menyelesaikan kolom keterangan maka kita dapat menggunkan fungsi IF tunggal karena hanya mempunyai 2 Logika saja yang ingin ditarik yaitu Lulus dan Tidak Lulus.

Fungsi IF Tunggal

=IF(G4<51;"Tidak Lulus";"Lulus")
logika yang terbentuk atas rumus diatas adalah, apabila poin siswa dibawah dari 51, maka siswa tersebut tidak lulus, sedangkan selain itu dinyatakan lulus. G4 merujuk pada poin siswa.

Fungsi IF Betingkat (Majemuk)

Sedangkan untuk menyelesaikan kolom Nilai maka kita harus menggunakan fungsi IF bertingkat, berikut rumus fungsi IF bertingkatnya.
=IF(G4<50;"D";IF(G4<=70;"C";IF(G4<=80;"B";IF(G4<=90;"A-";"A"))))
logika yang terbentuk pada rumus diatas adalah, apabila poin siswa (G4) kurang dari 50 maka nilainya D, apabila poinnya diantara 50-70 maka nilainya C, apabila poinnya diantara 71-80 maka nilainya B, apabila poinnya diatara 81-90 maka nilainya A-, selain dari itu A.


Fungsi IF dapat juga dikombinasikan dengan fungsi excel yang lain, seperti fungsi sum, fungsi hlookup dan vlookup.
Sebagai kesimpulan, ada 2 jenis tipe fungsi IF, yakni fungsi IF tunggal dan Fungsi IF bertingkat (majemuk). fungsi IF tunggal digunakan untuk data yang ingin diolah hanya memiliki 2 logika, sedangkan dungsi IF bertingkat (majemuk) yang meliliki lebih dari 2 logika.

Itulah seputar penggunaan Fungsi IF semoga bermanfaat buat teman-teman, apabila ada yang iningin ditanyakan silahkan komen di kolom komentar. Dan jangan lupa share apabila tulisan ini bermanfaat.

4 Responses to "Penggunaan Fungsi IF Lengkap Dengan Contohnya"

  1. Wah bermanfaat sekali gan, bisa di terapkan untuk penghitungan penetapan tuntas dan tidak tuntas dalam pembelajaran di sekolah nih...

    Salam : apologiku blogspot com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih.. nanti diupdate lagi pengetahuan tentang excelnya..

      terima kasih telah berkunjung di blog kami

      Delete
  2. Wah ini nih gan yg saya cari, bermanfaat sekali gan

    ReplyDelete